Oleh | Dibuat | Dibaca 1.339 kali | 0 komentar

BernersSir Timothy John Berners-Lee lahir pada Tahun 1955 tepatnya bulan Juni tanggal 8. Ia adalah seorang ilmuwan komputer berkebangsaan Inggris yang menemukan World Wide Web. Pada tanggal 25 Desember 1990 ia mengimplementasikan komunikasi sukses pertama antara klien HTTP dan server via internet dengan bantuan Robert Cailliau dan seorang staff pelajar muda pada CERN. Berners-Lee menjabat sebagai Direktur Konsorsium World Wide Web yang mengatur pengembangan Web secara kontinyu, ia juga adalah founder dari World Wide Web Foundation. Selain itu ia juga melakukan aktifitas sebagai peneliti serta penanggungjawab 3Com Founders Chair pada MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL).

Kedua orantuanya adalah ahli matematika yang dipekerjakan bersama dalam sebuah tim yang membangun Manchaster Mark 1, yang merupakan salah satu komputer pertama di dunia. Mereka mengajarkan kepada putera mereka untuk menggunakan matematika di mana saja, bahkan ketika berada pada meja makan. Berners-Lee menuntut ilmu di Sheen Mount Primary School, sebelum pindah untuk mempelajari O-Levels dan A-Levels pada Emanuel School di Battersea dimana pusat komputer didekasikan dengan menggunakan namanya.

CERN yang merupakan Organisasi Negara-negara Eropa untuk Penelitian Nuklir merupakan tempat awalnya situs dibuat yaitu pada bulan Maret 1989. Seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee menulis proposal untuk manajemen informasi yang memperlihatkan bagaimana suatu informasi dapat ditransfer dengan sangat mudah melalui Internet dengan menggunakan hypertext. Pada tahun berikutnya, Robert Caillau seorang insinyur bergabung dan menjadi penyokong pertama.

Screenshoot WebIde awalnya adalah menghubungkan hypertext dengan Internet dan komputer pribadi, dengan demikian sebuah jaringan informasi dapat membantu seluruh ahli fisika CERN untuk berbagi informasi yang disimpan pada komputer laboratorium. Hypertext akan memungkinkan user untuk melihat-lihat/membaca dengan mudah teks yang ada pada halaman web dengan menggunakan banyak link. Contohnya seperti yang dikembangkan pada komputer-komputer NeXT.

Berners-Lee menciptakan browser-editor dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah alat bantu dalam rangka membuat web sebagai sebuah space kreatif untuk berbagi dan mengedit informasi serta membangun hypertext yang dapat diterima secara bersama-sama. Maka pada tahun 1990, diberilah sistem ini dengan nama WorldWideWeb.

Info.cern.ch merupakan alamat web site dan web server pertama di dunia, yang berjalan pada komputer NeXT pada CERN. Alamat halaman web pertama adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang dipusatkan sebagai informasi yang berkaitan dengan proyek WWW.

Begitulah awal mula terciptanya sistem WordWideWeb seperti sekarang, dimana diawali dengan seorang jenius Berners-Lee yang menciptakan website pertama.

Tulisan ini adalah hasil terjemahan dari situs pertama di dunia milik Berners-Lee.

IBX5A4393D5E2AD7