Oleh | Dibuat | Dibaca 4.348 kali | 6 komentar

Deep FreezeMungkin untuk semua orang yang biasa menggunakan komputer, anti virus adalah hal mutlak yang harus di instal dan terus di update agar dapat membaca semua jenis virus, terutama virus varian terbaru, namun apakah Anda tau bahwa ada satu program lagi yang mungkin sangat berguna bagi ada yang ingin memproteksi komputernya dari marabahaya virus, yaitu Deep Freeze.

Bagi Anda yang sudah mengetahui kegunaan Deep Freeze akan mengatakan bahwa inilah salah satu cara efektif untuk menangkal virus masuk terlalu dalam di komputer Anda. Bedanya adalah Deep Freeze tidak memerlukan update secara berkala seperi halnya antivirus, jadi gak masalah komputer mau onek ke internet ataupun tidak juga,

Namun bagi Anda yang belum terlalu mengenal Deep Freeze, maka akan saya akan mencoba berbagi untuk beritahu apa saja kegunaan Deep Freeze, cara kerjanya, dan manfaatnya bagi Anda.

Pengenalan Deep Freeze

Deep Freeze adalah software Block restore yang di ciptakan oleh perusahaan faronics yang bekerja di bidang pembuatan Software. Deep Freeze di ciptakan untuk menjaga dan mengorganisir file yang ingin di simpan secara permanen, terutama pada Local disk System.

Cara kerja Deep Freeze adalah membekukan semua file yang berada komputer pada waktu pertama penginstalan program ini (biasanya drive harddisk). Program dapat di ubah hanya pada saat Anda menggunakan komputer, bila komputer kerestart atau direstart maka file yang Anda ubah akan kembali ke settingan pertama seperti sebelum direstart jika file yang Anda ubah kemudian di save di lokasi yang diproteksi dengan software Deep Freeze.

Software ini punya kemampuan melindungi komputer Anda dengan cara unik. Misalnya aja komputer anda kena virus, sehingga semua data dan file di drive C: komputer Anda terhapus. Jika Anda memproteksi drive C: dengan software Deep Freeze sebelumnya, maka anda cukup me-restart komputer, maka data-data yang terhapus tersebut bakalan balik lagi seperti semula. Atau misalkan, ada virus yang berhasil menembus keamanan software anti virus anda, dan virus tersebut berhasil mengendap dan menginfeksi semua file di drive C:, maka anda cukup restart saja komputer Anda, dengan seketika file-file yang terinfeksi atau hilang tersebut akan kembali seperti keadaan semula. Atau mungkin ketika virus menembus system komputer dan pada saat Anda akan menggunakan salah program di komputer Anda terus terjadi error atau ketika ada program yang di-install atau di-uninstall cukup sekali restart pulihlah seperti semula komputer kesayangan Anda... Menarik bukan?

Deep Freeze sangat cocok untuk komputer yang biasanya fungsinya cuma untuk menjalankan software yang sifatnya rutin dan jarang terjadi perubahan, seperti:

  1. Komputer yang ditaruh di tempat umum dan bisa diakses oleh beberapa orang seperti komputer di sekolah, perpustakaan, bank, dan kantor pemerintah atau layanan publik
  2. Komputer yang digunakan untuk sewa, seperti rental komputer, warnet dan game center
  3. Komputer kerja di kantor atau di rumah yang sering akses ke internet dan install program buat testing saja setelah itu di uninstall
  4. Komputer yang sering kena virus, yang pemakainya tidak mau ambil pusing tiap kali install atau format Windows
  5. Server komputer yang biasanya dipakai untuk akses online atau internet

Untuk memakai Deep Freeze sebaiknya komputer Anda dibagi menjadi setidaknya 2 partisi yaitu partisi "master" untuk instalasi sistem OS komputer seperti Windows, yang kedua partisi "secondary" untuk data, installer maupun backup. Yang Anda pakai untuk Deep Freeze sebaiknya hanya partisi sistem Anda saja atau partisi "master" karena partisi ini yang paling banyak diserang oleh virus atau mengalami masalah dengan OS ketika startup. Untuk partisi data sebaiknya tidak perlu dipasang Deep Freeze karena Anda tidak ingin ketika komputer Anda restart data Anda hilang atau kembali ke posisi semula sebelum terjadi perubahan.

Kalau komputer Anda singel partition (hanya ada "C:" saja tidak ada "D:", dimana "D:" bukan CD/DVD-ROM atau RW drive), sebaiknya Anda jangan memakai software ini kecuali Anda mau mengubahnya menjadi 2 partisi. Satu hal yang penting lagi, untuk pengisian password, Anda jangan sampai lupa password Anda karena akan berakibat fatal bagi Anda karena tidak dapat mengubah setting dari Deep Freeze dan bahkan tidak dapat meng-uninstallnya. untuk mengaktifkan/menonaktifkan dan mengubah password pada Deep Freeze tekan Alt+Ctrl+Shift+F6 atau shift+double click pada ikon Deep Freeze secara bersamaan maka software akan muncul dengan sendirinya.

Tapi jangan Lupa juga sebelum Anda menginstal Deep Freeze usahakan agar komputer Anda dalam keadaan clean aliash fresh dari penyakit file yang mengganggu tentunya tanpa ada gangguan virus sedikitpun, karena jika komputer dalam keadaan tidak freesh atau banyak terjangkit viruz bakalan awet tuh virus di dalam komputer Anda, hehe, percuma dong :).

Cara Penggunaan Deep Freeze

Deep Freeze setelah diinstall di komputer, tidak akan ditampilkan menu atau icon-nya pada desktop ataupun pada daftar program di menu Start, melainkan cuma ada pada sistem tray di pojok kanan bawah taskbar dengan icon bergambar beruang kutub putih lagi senyum.

Untuk membuka atau mengaktifkan/menonaktifkan dan mengubah password pada Deep Freeze, maka tekan tombol Shift+Ctrl+Alt+F6 secara bersamaan, atau tekan Shift + double click mouse pada icon Deep Freeze di pojok bawah taskbar, maka software akan muncul dengan sendirinya.

Jika anda ingin menyimpan data di folder/drive yang di-bekukan oleh Deep Freeze , atau ingin melakukan install program baru, update, dsb, maka matikan dulu deepfreezenya dengan merubah modenya ke mode thawed, kmudian restart komputer, baru deh lakukan hal yang diinginkan tadi. Setelah selesai, aktifkan kembali (gati ke mode frozen) software Deep Freeze-nya dan restart lagi. Lihat gambar di bawah
Frozen, Mengunci Deep Freeze

Gimana minat untuk menggunakan Deep Freeze gak??? Deep Freeze cocok untuk komputer yang di gunakan secara continue atau berulang-ulang. Saya prbadi sering memanfaatkanya untuk warnet untuk menambah proteksi file system dari percobaan-percobaan client yang sering kali ada yang menginstall program atau merubah setting komputer.

Mudah kan jadi jika komputer Anda terkena virus tinggal di restart maka komputer akan kembali menjadi normal.

Oya ada yang perlu saya sampaikan soal Deep Freeze ini. Meskipun Deepfreeze memiliki kemampun untuk emprotek file system, tadi saya tidak menjamin 100% komputer Anda akan bersih dan terbebas dari virus, yang dipastikan bersih dalam bahasan saya di atas adalah untuk drive yang diproteksi saja.

IBX5A4393D5E2AD7