Oleh | Dibuat | Dibaca 1.711 kali | 2 komentar

Alia Sabur"Pengetahuan tidaklah cukup. Kita harus benar-benar mengaplikasikannya", ungkap Alia Sabur, seorang gadis berusia 19 tahun yang telah mencontoh seorang professor terkenal Johann Wolfgang von Goethe. Alia Sabur adalah gadis muda yang telah mengukir sejarah kehidupan dengan menyandang gelar professor termuda.

Berbekal pengetahuan dan kebijaksanaan yang luar biasa, Sabur mengungkapkan ambisinya pada minggu lalu kepada Today, sebuah acara TV pagi yang dipandu oleh Ann Curry, bahwa pengetahuan adalah kekuatan, terutama bila kita mampu membaginya kepada orang lain.

"Saya sangat menikmati pekerjaan saya sebagai seorang dosen sekaligus professor. Saya merasa telah membuat perbedaan, sama seperti Anda juga. Tidak hanya apa yang bisa Anda lakukan, tetapi Anda dapat membuat orang lain menciptakan perubahannya sendiri.", ungkap Sabur bersemangat.

Alia Sabur (20) berasal dari Northport, New York, mulai dapat berbicara ketika baru berumur 8 bulan, dan telah menyelesaikan sekolah dasar pada umur 5 tahun. Sabur mulai kuliah pada umur 10 tahun, kemudian pada umur 14 tahun dia lulus dari Universitas Stony Brook dan menyandang gelar sarjana ilimu matematika dengan prestasi cum laude. Hal ini menjadikan dirinya sebagai wanita termuda yang bergelar sarjana dalam sejarah USA. Kemudian ia melanjutkan ke Universitas Drexel, lalu lulus dengan gelar M.S. dan a Ph.D dalam bidang materials science dan engineering. Lalu Sabur mengawali kariernya dengan memilih profesi dosen. Setelah tiga hari dari ulang tahunnya, 19 February, dia kemudian menjabat sebagai professor yang ikut mengembangkan nanotubes untuk ponsel yang dapat menangani penyakit, di Universitas Konkuk, Korea Selatan.

Alia Sabur juga telah masuk ke dalam Guinness Book of World Records, mengalahkan rekor sebelumnya yakni Colin Maclaurin tahun 1717. Sabur juga dapat bermain musik clarinet dengan iringan orchestra pada waktu usia 11 tahun. Tetapi ada hal yang tidak bisa ia lakukan yakni bermain basket dan menulis terlalu lama.

IBX5A4393D5E2AD7