Oleh | Dibuat | Dibaca 1.106 kali | 0 komentar

Setelah beberapa hari kemaren saya gak bikin posting mulai kemarin saya akan mulai lagi merutinkan bikin posting tiap hari untuk memenuhi kebutuhan netter mania sekalian...

Firefox vs IEMerupakan sebuah kabar buruk bagi Microsoft Corporation. Browser andalannya, Internet Explorer (IE) kembali kehilangan pangsa pasar pada Maret 2009. Sementara pesaing terdekatnya, yakni Mozilla Firefox terus saja menanjak.

Kampanye Firefox (versi 3) yang "dilepas" ke publik tanggal 18 Juni 2008 yang lalu sukses dilaksanakan oleh Mozilla membuat rating penggunaan firefox semakin meninggi. Lewat 8 juta download dalam kurun waktu 24 jam, pihak Mozilla berhasil melewati target awal mereka yaitu 5 juta download. Hal ini semakin memperkuat Mozilla untuk memperoleh penghargaan dari Guinness Book of World Record sebagai aplikasi yang paling banyak di download dalam 24 jam. Menurut data terakhir, dari jumlah 8 juta pengguna yang mendownload Firefox, 2 juta diantaranya merupakan pengguna yang berasal dari Amerika Serikat, diikuti oleh Jerman, Jepang, dan Spanyol.

Peluncuran Internet Explorer 8 diharapkan mampu meningkatkan kecepatan penjelajahan internet dengan fitur-fitur seperti Accelerators, Web Slices, dan Instant Search Box yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi baru tanpa meninggalkan halaman yang sedang dibuka. Meski demikian ternyata masih belum berpengaruh signifikan dalam meraih minat konsumen.

Perkembangan browser kian hari menjadi ajang persaingan dimana produsen browser berlomba-lomba membantu pengguna dalam menghemat waktu dalam penjelajahan internet dengan meningkatkan kecepatan browser dalam membuka halaman-halaman web. Sehingga pada saat ini kecepatan yang dimiliki sejumlah browser yang beredar hampir sama tinggi. Dan jika terdapat perbedaan, maka hitungannya hanya beberapa milidetik saja. Karena itu Microsoft dan Firefox berusaing untuk melakukan pendekatan yang berbeda dalam pengembangan browser-nya kali ini.

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 14.0.1, yang dirilis pada 15 Juni 2012

Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya. Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.

Sejak April 2007 IE telah kehilangan kekuasaanya lebih dari 12 persen. Sementara Mozilla Firefox menapak naik sebesar 7 persen. Menurut NetApplication, pada Maret 2009 Firefox menguasai 22,05 persen pasaran browser.

Browser besutan Apple, Safari juga kian bersinar di bulan Maret dengan meraih 8,23 persen pangsa pasar. Chrome dari Google juga cukup sukses karena meski masih relatif baru telah meraup 1,23 persen pangsa pasar yang berarti melangkahi posisi Opera. Dikabarkan pula saat ini Goole Chrome tengah mencapai popularitasnya sebagai web browser baru yang memiliki performa yang ringan.

IBX5A4393D5E2AD7