Oleh | Dibuat | Dibaca 1.505 kali | 0 komentar

Tenang menang, pikirkan dan kerjakan, demikian kata orang-orang bijak. Pandangan itu dapat katakan benar. Betapa tidak, orang yang tenang akan menikmati hidup dan kehidupan di dunia ketimbang ia menanggungnya, dan bukan hanya itu kehadiran mereka akan selalu menjadi harapan dan bahkan ilham bagi orang-orang tertentu. Betul gak??? Eiitssss tapi jangan silap, Anda dapat menggapai itu semua dengan lima cara ini.

1. Melakukan Penilaian yang Seimbang terhadap Diri Sendiri

Banyak orang yang tegang karena mereka memandang hidup dan kehidupan serta dirinya dengan terlalu serius. Padahal bagi orang yang tenang, ia akan menyadari bahwa dirinya bukanlah merupakan sesuatu yang tak dapat digantikan. Ia benar-benar menyadari bahwa dirinya hanyalah makhluk kecil yang mempunyai berbagai keterbatasan. Dan ini adalah takdir yang benar-benar harus diterimanya. Dengan kata lain, terimalah kenyataan itu dengan penuh keikhlasan.

2. Kenali Jati Diri

Banyak manusia yang entah kenapa seolah tak mengenal dirinya sendiri, akibatnya tiap saat mereka selalu terlibat dalam konflik yang berkepanjangan atau dibingungkan dengan hasrat dan emosi yang meluap dari dalam dirinya sendiri. Untuk itu, buatlah daftar keinginan dan masa pencapaian dengan sedetail-detailnya. Kemudian, belajarlah koosekuen dengan apa yang telah Anda tuliskan dalam daftar itu.

3. Belajar dari Masa Lalu

Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari sejarah adalah sesuatu yang fatamorgana, padahal tidak. Dengan mempelajari sejarah maka kita akan tahu pemikiran, pelaksanaan dan kebesaran yang telah dicapai pada masa itu, dan dengan memperhatikan situasi serta kondisi yang ada sekarang ini bukan tak mungkin hal itu bisa kita terapkan kembali. Dengan begitu maka Anda telah memainkan suatu peranan yang membuat hidup dan kehidupan ini terasa lebih berarti.

4. Hapus Kebencian

Sungguh mengherankan jika ada orang yang mampu menyimpan kebencian serta kekhawatiran selama bertahun-tahun di dalam dirinya. Perlu diingat, jika ingin hidup sehat dan berumur panjang, maka kebencian dan kekhawatiran adalah dua hal yang harus dibuang jauh-jauh dari hati siapapun, sebab bila tidak maka kedua hal tersebut akan menyita porsi terbesar dari ketenangan yang Anda harapkan.

5. Santai

Jadikanlah santai suatu kebiasaan. Tiap ada kesempatan, dimanapun Anda berada, lakukan dengan sebaik-baiknya. Dan jangan lupa dengan senyum, maka Anda akan lebih banyak menguasai ketenangan pikiran.

Yapp... itu beberapa cara yang boleh dicoba untuk menggapai ketanangan, mungkin lain waktu saya akan menambahkan beberapa lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil :D

IBX5A4393D5E2AD7