Oleh | Dibuat | Dibaca 1.773 kali | 0 komentar

Dewasa ini jika orang menyinggung soal internet, kebanyakan yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut World Wide Web (www). Padahal pada kenyataannya internet mempunyai banyak fasilitas yang lain, yaitu :

  1. World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web kita bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Jenis browser seniri terdiri dari berbagai jenis, namun yang terpopuler saat ini adalah Mozilla Firefox diikuti Internet Explorer dan Opera juga Google Chrome, Safari dan yang lainnya.

  2. Electronic Mail disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit bahkan beberapa detik saja dan tidak perlu kuatir surat tersebut akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya. Untuk mengirim atau menerima e-mail dibutuhkan program e-mail yang juga terdapat di browser. Yang perlu dilakukan hanya mengetik surat tersebut dan kemudian mengirimkannya. Di internet juga banyak tersedia Mailing List, fasilitas yang memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika kita bergabung dengan salah satu mailing list, kita bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut.

  3. Telnet. Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut.

  4. File Transfer Protocol disingkat FTP. Melalui software FTP, anda bisa mengirim data atau file dari satu komputer ke komputer lain. Proses mengirim/mengambil file dari sebuah komputer atau server internet ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain atau ke server internet disebut upload. Jika anda pernah membuat HomePage, maka kata Upload tentu sudah tidak asing lagi

  5. Gopher adalah sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di komputer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.

  6. Chat Groups adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.

  7. Newsgroup bisa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama. Di internet tersedia bermacam-macam newsgroup dengan tema-tema yang berbeda-beda. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kita harus terkoneksi ke ISP yang menyediakan fasilitas Newsgroup, karena tidak semua ISP menyediakannya.

Apapun fasilitas yang anda gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet. Melalui fasilitas-fasilitas internet itu, kita bisa melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuan dan wawasan kita.

IBX5A4393D5E2AD7