Oleh | Dibuat | Dibaca 1.726 kali | 0 komentar

Kejadian yang belakangan kerap kali terjadi selaku pengguna Facebook, sudah sepatutnya agar berhati-hati dalam memilih dan menentukan akun login Facebook terutama password. Beberapa diantara teman saya ada yang mengeluh karena menurutnya Facebooknya telah di-'hack' orang lain. Ya walaupun belum tentu itu benar-benar di-'hack', mungkin saja mereka cuman lupa atau salah memasukkan akun login (e-mail atau passsword), tapi beberapa memang dialami beberapa teman saya...

Kalau saya perhatikan masih banyak, bahkan hampir sangat, pengguna internet yang menggunakan 6 atau 8 digit tanggal lahirnya sebagi password, baik itu password email, Facebook, IM dan sebagainya. Hal ini biasanya dilakukan agar password tersebut lebih mudah diingat. Namun tahukan Anda bahwan sebenarnya hal tersebut menjadi celah yang dapat digunakan oleh orang iseng untuk menjebol akun Anda. Akun Facebook adalah salah satunya.

Dalam tab Info di Facebook, terdapat dua informasi yang dapat dijadikan "bekal" oleh orang iseng untuk menjebol akun Anda, yaitu tanggal lahir dan alamat email. Jika Anda mencantumkan tanggal lahir Anda secara penuh (misalnya 16 Juni 1995) dan menggunakan tanggal lahir sebagai password, maka akun Anda sangat rentan untuk dimasuki orang tak bertanggung jawab. Teman, Ghumo berkata "hanya orang bodoh yang menggunakan tanggal lahir sebagai password suatu akun, salah satunya Facebook ini".

Jadi, saya sarankan Anda mengganti password jika sampai saat ini masih menggunakan password berisi tanggal lahir, usahakan juga password akun Facebook Anda tidak sama dengan password akun-akun lain seperti email, Friendster, forum, dan lain-lain, hal ini dimaksudkan agar jika ada salah satu akun Anda yang bocor tidak merembet ke akun-akun yang lain.

Saat akan menentukan password pilih kombinasi kata dan angka yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, sekedar saran dari saya, coba kombinasikan sebuah kata yang kalau dilihat dari kata itu tidak ada hubungannya dengan diri kita. Memang saya seribg membaca artikel yang menyuruh untuk mengkombinasikan huruf dan angka supaya lebih sulit ditebak. Tapi sejujurnya saya pribadi lebih enak menggunakan sebuah kata tapi jauh dari kata-kata yang selalu bersama kita. Usahakan untuk megnhindari password seperti "loveyou", "luvyou", "sayangkamu", "cintakamu" dan sebagainya, karena kata-kata tersebut terlalu umum. Jika ingin lebih aman lagi, gantilah password Anda secara berkala, misalnya satu atau dua bulan sekali.

Untuk Anda yang sering facebookan di warnet atau menggunakan PC yang dipakai oleh banyak orang seperi di kantor, lab, sekolah, dsb (komputer umum) pastikan Anda telah log out sebelum meninggalkan PC. Satu hal lagi.... saat melakukan login, jangan pilih opsi "remember me" atau "remember my password", bila perlu bersihkan data-data aktifitas browsing Anda jika telah selesai, caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Del lalu pilih opsi data yang akan dihapus terutama 'Cookies' dan 'Form & Search History' (untuk Mozilla Firefox).

IBX5A4393D5E2AD7