Oleh | Dibuat | Dibaca 2.049 kali | 0 komentar

Facebook Inc., Kamis (21/01) lalu akan segera membangun pusat data seluas 147,000 meter persegi di Prineville, Oregon. Proyek data center tersebut diperkirakan akan memakan biaya $180 juta. Data center tersebut akan menjadi pusat data pertama yang dimiliki perusahaan jejaring social dengan jumlah member 350 juta tersebut.

Dilansir melalui Biz Journal, Jumat (22/1/2010), pihak Facebook ternyata tidak membantah hal ini. Mereka menyatakan memang akan membangun sebuah data center di Prineville, dengan menghabiskan wilayah sebanyak 147.000 meter persegi.

"Kemungkinan kami akan bangun di Prineville karena banyak hal yang mendukung, seperti keadaan iklim dan lingkungan untuk penggunaan sumber tenaga terbarukan. Namun begitu, kami masih harus melakukan preview terlebih dahulu," ujar Direktur Operasional Facebook, Tom Furlong.

Jika berhasil dibangun, ini merupakan data center pertama yang dimiliki perusahaan Mark Zuckerberg itu. Nantinya, data center itu akan menjadi tempat penyimpanan dan penghantar informasi yang diposting oleh 350 juta pengguna Facebook.

Pusat data akan digunakan untuk menyimpan dan mendistribusikan informasi yang diposting oleh pengguna Facebook. Facebook sendiri akan mempekerjakan 200 pekerja selama 12 bulan untuk pembangunan dan 35 orang full timer ketika sudah dioperasikan.

Direktur operasi Facebook, Tom Furlong, mengatakan bahwa Prineville memiliki element terbaik, termasuk iklim bagus untuk mendinginkan lingkungan, dan sumber tenaga yang dapat diperbarui. Pusat data memang memerlukan tenaga yang banyak, sama seperti server computer bank yang memerlukan pendinginan secara continue, tambah Furlong. Gedung pusat data Facebook didesain untuk menyesuaikan standard desain ramah energy dan lingkungan

Selain mengandalkan proses pendinginan server melalui iklim di Prineville, Facebook juga akan menggunakan teknologi manajemen cooling power yang inovatif untuk membuat asupan energi se-efisien mungkin. Bahkan Facebook berencana menjadi data center tersebut sebagai yang paling efisien di Amerika.

Meraih Leadership in Energy and Enviromental Design merupakan target yang akan dilakukan Facebook dalam beberapa tahun ke depan

IBX5A4393D5E2AD7