Oleh | Dibuat | Dibaca 1.541 kali | 0 komentar

Facebook yang mulanya terlahir di Amerika hingga kini telah beranggotakan lebih dari 300 juta pengguna yang tersebar diseluruh dunia.Tentunya pengguna di daerahnya sendiri memiliki ranking tertinggi dong :D. Lalu bagaimana halnya dengan dengan Indonesia??? Apakah mendekati dengan jumlah pengguna Amerika yang mencapat lebih dari 100 juta???

Mari kita mundur beberapa bulan kebelakang untuk melihat perkembangan pengguna facebook khususnya di Indonesia. Bulan Novermber 2009 yang lalu Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar ke-7 di dunia dan dikatakan telah memiliki 11.759.980 pengguna Facebook (checkfacebook.com).

Dilansir melalui Inside Facebook, Rabu (6/1/2010), sekitar 70 persen dari pengguna Facebook berasal dari luar Amerika. Indonesia sendiri merupakan negara pengguna Facebook terbesar ke-3 di seluruh dunia. Posisi Indonesia berada di bawah Amerika yang pada Januari 2010 ini, mencapai 15,3 juta dan Turki dengan total pengguna sekitar 16,9 juta pengguna.

Tentunya jumlah pengguna di kedua negara ini masih sangat jauh dengan pengguna Facebook di Amerika yang mencapai lebih dari 100 jutaan, tepatnya 102,6 juta. Jumlah ini meningkat sekira 5 persen dibanding bulan Desember lalu, yang hanya mencapai 98,1 juta.

Jika di Amerika pertumbuhan penggunanya hanya 5 persen, berbeda dengan pengguna Facebook di Turki yang hanya meningkat sekira 4 persen saja dibanding pengguna pada bulan Desember, mencapai 16,3 juta.

Adapun pengguna Facebook di Indonesia sendiri tumbuh sekitar 10 persen dibanding jumlah pada bulan Desember 2009 lalu yang mencapai 13,8 juta pengguna, atau mendapatkan tambahan pengguna sekira 1,43 juta.

Secara keseluruhan, pertumbuhan pengguna Facebook terus berlanjut. Pada akhir bulan lallu, pengguna Facebook kini telah mencapai 350 juta, dibanding bulan sebelumnya yang hanya 337 juta. Artinya terdapat penambahan 13 juta pengguna dalam kurun satu bulan.

Untuk Asia, Indonesia menempati peringkat pertama dibanding negara lain dalam segi jumlah, tapi kalau pertumbuhannya masih kalah dengan malaysia dengan 7,43 persen pada bulan Desember 2009 lalu. Memang dengan jumlah pengguna tersebut tidak semua pengguna yang aktif setiap hari update status, tapi masih sebagai pengguna facebook yang terdaftar.

Melihat perkembangannya yang terus melejit, mungkin Facebook masih bisa bertepuk dada situs jejaring sosial ini masih bisa dinikmati masyarakat untuk jangka pendek ke depannya. Saya pribadi berharap semoga dengan bertambahnya pengguna Facebook ini para pengguna Facebook bisa memilah milih dampak daripada menggunakan facebook ini, jangan sampai Facebook-an sampai gak kenal waktu dan meninggalkan hal penting lainnya. Apa lagi Facebook memiliki multi platform yang bisa diakses melalui media apapun yang terhubung dengan jaringan.

IBX5A4393D5E2AD7