Oleh | Dibuat | Dibaca 1.352 kali | 0 komentar

Wordpress dan Blogspot (Blogger.com) adalah dua blog besar yang hampir mendominasi para blogger yang lebih memilih fitur free alias gratisan. Banyak hal yang membedakan antara Blogspot dan Worpress. Hal tersebut bisa dirasakan rasakan secara langsung ketika menggunakan kedua media Blog tersebut. Bahkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang terlihat sangat mencolok.

1. Template
Dari segi template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. Wordpress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS. Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan template GRATISAN yang sama banyak. Dengan demikian para blogger bisa memilih desain blognya secantik dan semenarik mungkin dengan puluhan bahkan ratusan template yang tersedia di Internet dan disediakan secara gratis.

2. Plugins
Hal lainnya yang membedakan diantara keduanya adalah masalah dukungan Plugins. Wordpress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. Lihat saja akan keberadaan plugins Akismet yang serta-merta akan langsung memblokir keberadaan komentar yang dianggap SPAM. Ditambah lagi dengan adanya Plugins SEO Pack yang sudah tentu akan membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogspot, hampir semuanya dilakukan secara manual. Untuk komentar SPAM, mungkin bisa diakali melalui proses moderasi terlebih dahulu. Namun untuk SEO? Yaa..harus diutak-atik sendiri templatenya.

Selain itu fitur-fitur tambahan yang mengikuti perkembangan zaman pun bisa diperoleh dengan memasang atau menginstall plugin. Fitur eksternal yang ingin ditambahkan secar manualpun bisa dilakukan melalui plugin ini.

3. Custom Domain
Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan Wordpress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.

Sebenernya ada sih web yang menyediakan hostingan GRATIS, namun fiturnya tidak selengkap hosting berbayar dan bandwidthnya pun sangat dibatasi. Tapi... keuntungan yang akan didapat jika menggunakan hosting berbayar adalah soal kenyamanan. Jika menggunakan hosting berbayar, kita bebas melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan dibanned oleh provider. Selain itu, Blog kita pun lebih terlihat profesional.

4. Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk Wordpress cenderung sedikit lebih ribet karena modifikasi template wordpress memerlukan keahlian khusus disamping HTML yaitu PHP.

Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada Wordpress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna Wordpress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.

Eitz... untuk pengguna Wordpress jangan langsung berkecil hati Wordpress juga memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur bila dibandingkan dengan Blogspot. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah adanya fitur edit komentar. Jadi, komentar yang masuk di postingan kita bisa di edit sesuka hati, contohnya saja komentar yang berisi link maupun SPAM. Selain itu, fitur yang ditawarkan Wordpress pada saat menulis postingan juga lebih lengkap bila dibandingkan dengan Blogspot. Hmmm...ada lagi nih, form komentar pada Wordpress juga lebih user friendly. Sedangkan pada Blogspot, cenderung sedikit agak ribet, terutama bagi pemula.

Itulah dua Blog Provider besar di Internet dimana Anda bebas memilih untuk berkreasi dengan blog Anda. Secara pribadi saya tidak ada sedikitpun niat untuk memecah belah atau menyuruh pembaca untuk memihak atau tidak menggunakan blog provider tersebut, namun tujuan tulisan ini dibuat adalah untuk berbagi informasi saja. Saya pribadi sudah mencoba keduanya, namun karena rasa penasaran saya yang cukup tinggi dalam programming web ya blog saya ini tidak menggunakan fitur keduanya, hehe.

Dan perlu diingat, kedua media Blog tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, sekarang semua tergantung dari pilihan Anda, mau pilih Blogspot atau Wordpress

IBX5A4393D5E2AD7