Oleh | Dibuat | Dibaca 1.244 kali | 0 komentar

Tadi sore saya liat berita di tivi ada kabar bahwa tarif listrik bakalan naik untuk yang menggunakan 900 VA ke atas, sementara listrik gratis dinikmati oleh yang menggunakan 450. Hmm... berita yang aneh, kok bisa ya pemerintah bikin keputusan seperti itu... :D

Dikutip dari Okezone dot com, bahwa menurut menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh, kepastian (TDL naik) 1 Juli 2010 itu sudah ada jadwal kenaikannya. Besaran kenaikan rata-rata sebesar 10 persen, sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2010 tentang APBNP 2010. Namun hingga saat ini pemerintah dan DPR masih membahas lebih lanjut variasi kenaikan tarif per golongan.

"Kenaikan 10 persen itu pasti, tetapi variasinya pada golongan masyarakat mana yang akan dinaikkan, ini akan dibicarakan. Karena khusus untuk tarif kebijakan publik, pemerintah harus berkonsultasi dengan DPR," begitu imbuhnya.

Sebuah tulisan di metro tv news dot com, bahwa usulan Dirut PLN untuk menggratiskan pelanggan listrik 450 Watt dan 900 Watt, dinilai sebagai langkah tidak mendidik dan akan memicu pemborosan oleh ketua DPR, Marzuki Alie.

Hmmm.. menurut saya pribadi sih emang bener... kenapa coba musti ada perbedaan yang seperti itu. Gimana kasusnya kalo seandainya seperti yang diliput di TV One tadi sore, pemilik yang menggunakan 450 dan 900 bertetangga. Sudah barang pasti ada kecemburuan sosial, meski tau bahwasanya tetangga yang menggunakan 450 volt itu bisa dibilang 'pekerja tidak tetap'.

Sekedar menyuarakan pendapat saja, mendingan pengguna lingkup besar aja yang dinaikkan tarifnya, sedang untuk pengguna 900 ke bawah biar ga usah dinaikkan tarifnya. Masih mending kenaikan itu kalau diikuti kemampuan ekonomi yang mengikuti (maksudnya income, hehe). Tapi semuanya kan masubaru rencana, tapi mudah-mudahan tetep aja gini, ga ada yang digratiskan dan gak ada yang dinaikkan :D Setuju tidak???

IBX5A4393D5E2AD7