Oleh | Dibuat | Dibaca 1.471 kali | 0 komentar

Tidur merupakan salah satu terapi untuk menyegarkan tubuh karena merupakan salah satu hal yang terpenting dalam hidup. Sebagian orang mengira bahwa tidur dan menambah porsi tidur merupakan bukti pemberian hak istirahat bagi dirinya sendiri, padahal tindakan ini justru membahayakan diri sendiri. Kurang tidur membuat tubuh tak dapat memulihkan kerusakan sel dan jaringan yang terjadi setiap hari. Tapi ingat, tidur berlebih juga berbahaya untuk kesehatan.

Durasi tidur ideal adalah delapan jam sehari. Tapi kebanyakan orang menghabiskan sepertiga hidupnya dengan tidur. Tidur lebih dari 6-8 jam sehari justru mempercepat kerusakan sel tubuh yang berpotensi mengurangi harapan hidup hingga 17 persen.

Berdasarkan berbagai fakta dan penelitian, tidur berlebih memicu sejumlah penyakit seperti diabetes, hipertensi, migrain, dan meningkatkan risiko penyakit radiovaskuler seperti serangan jantung dan gangguan hormonal. Di antara bahayanya, tidur berlebihan dapat membuat seseorang tidak melakukan banyak pekerjaan yang bermanfaat, dan memperkecil pemanfaatan waktu luang yang sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang memberinya manfaat dan kebaikan. Orang yang banyak tidur, pasti banyak merugi.

Orang yang menambah porsi tidurnya lebih dari delapan jam. Hal itu karena orang yang suka tidur biasanya memiliki sifat gelisah, introvert, terasing, cemas, cenderung impoten, rusak sarafnya, bimbang, dan mudah terpengaruh oleh sebab-sebab yang sepele, serta pesimis.

Di antara waktu yang sering dilalaikan banyak orang dan diisi dengan tidur adalah waktu setelah subuh. Padahal waktu setelah subuh merupakan waktu yang diberkahi. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah memotivasi kita untuk mencari rizki dan ilmu sedini mungkin, karena beliau mengetahui adanya kebaikan dan keberkahan di waktu pagi.

Berikut sejumlah tips agar terasa segar dan tak ingin menambah waktu tidur, seperti disampaikan Dr Lulla.

  1. Pastikan makan malam terakhir Anda setidaknya tiga jam sebelum tidur. "Cobalah membiasakan diri makan buah atau segelas susu sebelum makan malam dan hindari minum teh atau kopi sebelum tidur." (wadduh...)

  2. Olahraga rutin tak hanya akan membuat Anda tidur nyenyak, tapi juga membuat badan segar.

  3. Usai aktivitas melelahkan sepanjang hari, mandi di bawah pancuran bisa membuat diri lebih rileks dan tidur pun nyenyak.

  4. Hindari suasana berisik saat tidur. Cobalah mendengarkan musik klasik, membaca buku bertema ringan, atau memainkan game santai menjelang tidur juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

  5. Usahakan bangun pagi tak lebih dari pukul 6, karena akan membuat badan lebih segar dan siap melakukan aktivitas seharian tanpa kelelahan saat menjelang tidur kembali.

  6. Ciptakan kamar tidur dengan sirkulasi udara yang baik. Asupan oksigen yang cukup akan membuat pikiran tenang dan menormalkan fungsi tubuh.

  7. Hindari tidur siang terlalu lama. Tidur siang sekitar 45 menit tak masalah, asal jangan sampai 2-3 jam karena akan merusak pola tidur malam.

  8. Hindari pikiran buruk menjelang tidur. Saat stres melanda, gunakan sejumlah trik menenangkan diri seperti meditasi atau yoga menjelang tidur.

  9. Stel alarm dengan ukuran tidur 7-8 jam di pagi hari. Tidur selama waktu itu adalah yang terbaik untuk melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sebab tidur kurang dari itu juga berbahaya bagi kesehatan.

  10. Jika semua trik sudah dilakukan, namun masih selalu merasa mengantuk meski sudah tidur lebih 12 jam, mungkin saatnya Anda mengunjungi dokter. Selalu mengantuk meski sudah cukup tidur bisa menjadi penanda sejumlah penyakit serius

Sebenarnya saya sendiri termasuk orang yang berkebalikan dengan yang dibahas tadi. Saya sering bergadang karena tugas... hehe :D

IBX5A4393D5E2AD7