Oleh | Dibuat | Dibaca 1.307 kali | 0 komentar

Meski tidak disadari orang tua merupakan contoh bagi setiap anak-anaknya. Perilaku, tindakan, bahkan raut muka orang tua pun biasanya anak-anak akan meniru orang tuanya. Bagi perilaku positif yang ditiru tentu orang tua akan senang. Tapi bagaimana jika perilaku yang buruk yang ditiru? Tentu tak satupun orang tua ingin menularkan sisi buruknya kepada anak-anak mereka.

Seorang anak yang melihat orang tuanya senantiasa menyaksikan orang tuanya melantunkan kalimah toyyibah, shalat berjamaah, bersedekah dengan ikhlas, berpuasa sunah, dll akan berbeda dengan anak yang selalu menyaksikan orang tuanya berada di tempat hiburan, perjudian, dll.

Betapa bahagia dan indahnya andaikata kita mempunyai anak yang selalu berbuat baik kepada orang tua kita dengan mejaga perkataan, juga menjadi anak yang shooleh dan sholehah bagi orang tuanya dengan selalu mendo'akan.

Jika seorang anak selalu melihat orang tua demikian, dengan kehendak dan izin Allah SWT, ia akan senantiasa meniru dan mendo'akan kedua orang tuanya dan tentunya hal itu akan menjadi kado terindah.

Dalam bersikap dan berperilaku anak-anak memang banyak dipengaruhi oleh lingkungannya, anak mudah sekali meniru apa yang dia lihat dan menjadikan lingkungan sebagai model untuk dicontoh. Mulai dari ucapan, misalnya katak-kata yang mudah untuk diikuti. Atau, tingkah laku yang dilihat dari tontonannya di tv dan lingkungan pergaulan dengan teman-temannya...

Peran orang tua dalam membentuk karakter anak adalah hal yang paling dominan dalam mempengaruhi kepribadian anak. Untuk itu mulai dari sekarang kita memaksakan diri menjadi model yang baik untuk anak kita. Semoga kita semua termasuk orang tua yang selalu berusaha untuk menjadi suri tauladan bagi anak-anak kita...

IBX5A4393D5E2AD7