Oleh | Dibuat | Dibaca 1.090 kali | 0 komentar

Berawal dari sebuah browser terkemuka, Mozilla Firefox dan sebuah situs ternama di dunia, Google. Ini terjadi pada waktu saya melakukan browsing ke salah satu situs antivirus lokal Indonesia. Sewaktu saya melakukan browsing di Google saya menemukan hal yang unik ketika mengetikkan keyword kebaikan sby

Kebaikan SBY Google Search

Dan yang keluar nampak seperti gambar di atas. Lha kok Google malah menyarankan hal yang berlawanan: Mungkin maksud Anda adalah: Keburukan sby

Cukup aneh memang, namun saya mencoba melakuan reload berkali-kali dan mencoba dengan mengganti huruf kapital dan hasilnya tetap saja itu. Lantas saya mencoba melakukan pencarian dengan kata yang lebih spesifik dengan menambahkan kutip di awal dan akhir keyword sehingga menjadi "kebaikan SBY". Dan hasilnya tetap saja seperti ini:

Kebaikan SBY Google Search

Sama saja kan. Sayapun mencoba membandingkan dengan search engine lainnya seperti AOL, MSN (bing) dan Lycos. Tahukan Anda????? Search Engine lain tak seperti GoogleÂ… mereka memberikan informasi lain secara langsung tanpa memberi saran apapun.

Lihat hasilnya...

Hasil pencarian AOL Search:
Kebaikan SBY via AOL

Hasil pencarian Bing/MSN Search:
Kebaikan SBY via Bing

Hasil pencarian Lycos Search:
Kebaikan SBY via Lycos

Lantas, ada apa ini????

Ada yang menduga bahwa keganjilan itu tergantung pada browser yang digunakan. "chrome & firefox tahunya keburukan SBY; opera & safari tahunya kebaikan SBY," tulis seorang tweep.

Namun ada yang menduganya perbedaan itu akibat pemilihan setelan penelusuran google yang Anda pilih. Jika bahasa antarmuka dan bahasa penelusuran disetting ke bahasa Indonesia, maka akan keluar seperti di atas. Namun jika menggunakan bahasa Inggris akan tampil normal.

Bagaimana dengan hasil pencarian di piranti Anda?

IBX5A4393D5E2AD7