Oleh | Dibuat | Dibaca 1.212 kali | 0 komentar

Facebook. Siapa sih saat ini yang gak tau fesbuk? Mulai dari anak-anak sampai yang udah tua semuanya pada tau dan banyak yang turut berinteraksi di dalamnya. Sering juga saya teumi orang yang masih awam dengan internet tapi dia bisa fesbukan, nah loh? Iya dong, teknologi gituuuuh :D

Oke, dikesempatan ini saya akan sedikit me-review beberapa fitur yang ada di jejaring sosial yang terus merangkak naik popularitasnya sejak tahun 2004, facebook.

  1. Update Status
    Status adalah tulisan dimana isinya mengungkapkan harapan, pikiran, atau keinginan seseorang. Jadi update status disini bisa diartikan 2 hal, pertama tempat kita menuliskan atau mengetikkan status, atau kedua, update status = memperbaharui status. Fitur ini adalah salah satu fitur yang sangat populer di facebook. Isi status sendiri pada faktanya bisa berbagai macam hal dari sisi positif hingga mengandung sisi negatif.

  2. Message/Pesan
    Fitur untuk mengirim pesan pribadi ke pengguna Facebook lainnya. Saat ini pesan facebook telah melakukan berbagai integrasi sehingga pesan yang masuk atau diterima dapat dikelompokkan lagi oleh user: Pesan Masuk, Arsip, Lainnya (untuk email username@facebook.com) dan juga spam (baru).

  3. Chat/Obrolan
    Fitur yang berfungsi sebagai wahana saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time. Fitur inilah yang membuat facebook sangat digemari banyak orang, yang mana pada tahun-tahun sebelumnya beredar kabar bahwasanya popularitas chat facebook hampir menyaingi Yahoo Messenger, sebuah fitur chatting dari yahoo yang sudah populer sejak dulu. Saat ini bekas obrolan kita dengan pengguna facebook lainnya akan tersimpan di kotak masuk (inbox) pada pesan sehingga memungkinkan untuk melihat history percakapan yang telah lalu.

  4. Foto dan Tag
    Anda dapat meng-upload foto-foto Anda, termasuk pengelompokkan foto yang diupload kedalam ruang yang disebut album. Pada masa awal populernya, facebook membatasi jumlah foto yang mampu ditampung dalam sebuah album, yakni sebanyak 200 foto, tapi kini muatannya sudah lebih banyak. Adapun tagging adalah aktifitas menandai atau menyertakan teman facebook kedalam foto yang telah diupload. Fitur ini adalah fitur yang paling digemari dari facebook dibanding yang lainnya.

  5. Video
    Anda dapat meng-upload video Anda ke facebook.

  6. Friends/Teman
    Fitur ini adalah fitur yang membuat akun facebook bisa terasa lebih hidup karena adanya interaksi dengan pengguna lain (teman). Anda dapat menambah teman Anda sampai batas 5.000 teman.

  7. Aplikasi
    Ada banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.

  8. Games/Permainan
    Games adalah fitur yang semakin kesini semakin bnyak digemari, terutama oleh anak-anak muda. Dibalik popularitasnya ini bnyak perusahaan yang kemudian mendobrak pembuatan game di facebook hingga game tersebut sangat poppuler. Sebut saja Poker yang sempat trend pada 2009 - 2010an. Lalu Angrybird yang belum lama ini masih terus melakukan inovasinya. Saat ini jenis permainan yang populer di facebook adalah jenis Role Playing Game (RPG), yakni jenis permainan ang mengandalkan imaginasi user untuk melakukan penataan hingga mencapai pola atau bentuk atau tujuan yang sempurna. Contohnya jenis permainan menata kota, memasak, dll. Ada banyak banget jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook ini.

  9. Notes/Catatan
    Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya. Catatan adalah fitur yang disediakan ketika kita ingin berbagi informasi yang isinya cukup panjang.

  10. Wall/Dinding
    Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, termasuk tempat singganya status-status yang telah kita buat.

  11. Poke/Colek
    Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual. Mencolek yang dimaksud disini adala emiliki arti sapaan haii...

  12. Gifts/Hadiah
    Fitur untuk saling berkirim hadiah dan biasanya membutuhkan uang yang telah ditukar menjadi 'kredit'. Kredit adalah koin yang bisa digunakan untuk membeli item pada aplikasi atau games di facebook.

  13. Links
    Fitur untuk berbagi Link URL. Sekarang sudah tidak aktif lagi (dihentikan oleh facebook)

  14. News Feed
    Fitur untuk berlanggan berita melalui halaman RSS Feed Sekarang sudah tidak aktif lagi (dihentkan oleh facebook)

Beberapa Fitur Baru Pada Facebook

Adapun beberapa fitur baru yang akan saya sertakan pada postingan saya kaali ini yaitu :

  1. Menu Sunting dan Hapus pada Komentar
    Menu ini memungkin pengguna facebook untuk mengedit kembali komentar yang telah ditulis sekaligus menghapusnya jika itu diperlukan. Oya perlu diperhatikan nih, bahwasanya komentar yang bisa dihapus hanyalah komentar yang dikirim oleh kita atau komentar orang lain di status yang kita buat. Selainnya bukan hapus, tapi blokir atau sembunyikan.

  2. Emoticon Pada Fasilitas Chat Facebook
    Icon-icon ini dulunya kalau kita ngobrol dengan teman-teman di facebook, untuk memasukannya masih secara manual tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya fitur yang satu ini. Jadi ga perlu repot-repot lagi ngapalin kode emoticonnya untuk mengekspresikan apa yang akan kita sampaikan pada teman-teman ;)

  3. Menu Pageview Pada Fanpage atau Group
    Teman-teman yang sudah membuat group facebook, akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. Menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya (group yang sudah diikuti atau sudah bergabung).

  4. Menu Promosi
    Menu ini memungkinkan bagi pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online atau apalah namanya yang dianggap penting. Pertama kali saya lihat menu ini, saya kira gratis untuk menggunakannya tapi ternyata harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya. Jika temen-temen mau beriklan di facebook, kayaknya bisa juga pake fasilitas yang satu ini. :D

  5. Sebetulnya masih banyak fitur-fitur baru lain yang ada pada facebook seperti adanya pilihan upload file di grup, tampilan halaman pesan, pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja", ngobrol dengan teman-teman di facebook dalam satu chatroom saja, pengelolah iklan, menu pusat aplikasi dan kabar permainan, facebook messenger dan yang lainnya. Karena waktu udah malam, jadi ya segini dulu aja posting dari saya kali ini, udah ngantuk nih soalnya.

    Demikian review fitur-fitur facebook dari saya. Semoga bermanfaat... :)

IBX5A4393D5E2AD7