Oleh | Dibuat | Dibaca 2.381 kali | 0 komentar

Hadeuh, aktifitas blogku sering kali terkendala. Udah ini lah, itu lah, serasa gak ada habisnya. Temen-temen maaf ya kalo postingnya sekarang masih belum full, maklum sekarang saya lagi bikin CDN Data Server dulu buat inyimpen konten-konten web saya.

AJCDN SchemaSebnernya CDN Data Server yang saya buat ini tidak sama dengan CDN (Content Delivery Network) sejenis akamai, hanya saja saya membuat konsep yang seperti itu kurang lebihnya. Adapun media penyipanan datanya sendiri menggunakan space dari hosting yang saya sewa juga, bukan nyewa data server seperti layaknya facebook, twitter, youtube, dll. Sampai saat ini saya baru menyelesaikan content delivery untuk gambar dan foto yang lainnya masih dalam proses. Tujuan pembuatan CDN Data Server ini adalah supaya lebih enak dan lebih memudahkan dalam memanage atau mengelola konten-konten web bila dibandingkan dengan menguploadnya di tiap domain.

Okey, sekedar coretan rasa syukur saya tas dibikinnya CDN Data Server saya sudah merasa bangga. Mengapa? Ya karena nanti untuk pengelolaannya juga lebih mudah gak perlu masuk file manager terus membukanya satu per satu. CDN Data Server yang saya bikin ini berlokasi di http://ajcdn.static.media.arijulianto.com. Ya konten untuk web juga blog ini kalo ada fitur gambar, foto, atau multimedia nantinya pasti akan mengambil sourcenya ke sana. Coba saya temen2 buka (klik kanan view image) gambar yang di atas, yang ada bola dunia sama server2 itu.

Ya begitulah cerita dari saya seputar pembuatan CDN Data Server ini, setelah lebih terorganisir, tentu kenyamana dalam mengurus web dan blog juga akan terasa. Sip lah, salam AJN!!! :)

IBX5A4393D5E2AD7