Oleh | Dibuat | Dibaca 1.500 kali | 0 komentar

Tahun Baru 2013

Tahun baru bentar lagi nih... Gak kerasa ya udah mau ganti taun lagi. Hemm apa ya biasanya yang dilakuin orang-orang kalo taun baru?? Banyak cara sih, salah satunya yang udah jadi budaya di Indonesia adalah merayakan dengan berbagai cara. Hemm emang mesti ya ngerayain tahun baru?? Kalo diperhatikan dari perayaan tahun baru tuh banyak hal atau acara yang aneh tapi tetep aja dilakukan oleh banyak orang yang kayaknya itu sama sekali gada gunanya. Beberapa diantaranya:

Niup Terompet.

Kalo di beberapa negara Asia, seperti Arab saudi, Jepang, Korea, dan China, masyarakatnya menghabiskan malam Tahun Baru dengan mengunjungi tempat ibadah untuk berdoa. tapi di Indonesia, malah niupin terompet, dan anehnya lagi sampe sekarang banyak orang yang gatau mengapa terompet dipilih untuk menyambut datangnya tanggal 1 Januari (Lihat sumber di Kompasiana dan Wikipedia).

Semula, budaya meniup terompet ini merupakan budaya masyarakat Yahudi. Tradisi meniup terompet ini merupakan cara orang-orang kuno untuk mengusir setan. Orang-orang Yahudi belakangan melakukan hal itu sebagai kegiatan ritual yang dimaknai sebagai gambaran ketika Tuhan menghancurkan dunia. Mereka melakukan ritual meniup terompet ini pada waktu perayaan tahun baru Yahudi, Rosh Hashanah, yang berarti "Hari Raya Terompet", yang biasa jatuh pada bulan September atau Oktober. Bentuk terompet yang melengkung melambangkan tanduk domba yang dikorbankan dalam peristiwa pengorbanan Isaac (Nabi Ishaq dalam tradisi Muslim). Hal ini sangat berbeda dengan ajaran Islam yang menetapkan bahwa Nabi Ismail-lah, saudara Nabi Ishaq, yang diminta Allah untuk dikorbankan.

Pesta Kembang Api

Kembang api di tahu baru adalah sesuatu yang pasti akan ditemui. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeripun demikian. Semuanya berlomba membuat kembang api semenarik mungkin semewah mungkin. Tapia pa temen-temen bernah terpikir, kanapa kembang api dipilih sebagai pelengkap perayaan tahun baru??? Bukankah kepolisian Republik Indonesia telah melarang peredaran bahan ledakan sejenis kembang api dan petasan? Inilah anehnya kita, tak terpikir dan tau mau tau. Kalo dilihat dari sejarahnya, kembang api sendiri berasal dari negri tirai bamboo, Cina. Ceritanya, waktu itu seorang juru masak secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur) dan arang dari kayu (charcoal). Ternyata campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Jika bubuk mesiu itu dimasukkan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya, kemudian sumbu dibakar, maka mesiu itu akan meledak dan mengeluarkan suara ledakan keras. Keberadaan materi ledakan yang menghasilkan cahaya indah tersebut menjadi bagian penting bagi kebudayaan China seperti pernikahan, ritual agama, perayaan kepercayaan dan cara untuk menakut-nakuti roh jahat. (Inilah.com)

Kebut2an dijalan, Sex party, Dugem, Mabok2an, dll

Ini sebenarnya udah gak perlu bahas lagi, semua orang ngerti pasti tau lah apa dan kenapanya. Bnr gak?

Trus malam tahun ngapain dong, ini itu gak bleh semuanya??? Sekedar saran, khusus buat daya pribadi sih tapi kalo sekiranya bernilai baik dan bisa temen2 lakukan silakan aja. Taun baru tuh alangkah baiknya kalo kita dirumah ajha, introspesksi diri, apa aja yang udah kita lakuin selama 2012 kemaren, banyak manfaatnya apa enggak? trus buat rencana2 yang bakal dilakuin di 2013 ntar (istilah kerennya resolusi gitu den), yaaah yang simple, real dan bisa dilakuin lah jangan terlalu muluk-muluk dan gak perlu ikut2an sesuatu yang bukan dari diri kita, apalagi statusnya masih dipertanyakan dalam ajaran agama... Bukankah Rasulullah saw. telah mengingatkan bahwa mereka yang ikut-ikut tradisi suatu kaum, maka ia termasuk dalam golongan kaum itu?

Oke sekedar bahan tambahan informasi, saya ngambil kutipan dari Wikipedia nih

  • Dalam kalender Baha'i, tahun baru jatuh pada tanggal 21 Maret yang disebut Naw Ruz.

  • Rosh hasanah adalah perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian.

  • Tahun baru Hijriyah dalam kalender Hijriyah dirayakan setiap tanggal 1 Muharam.

  • Tahun baru Tiongkok atau Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari).

  • Tahun baru Thailand dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air.

  • Tahun baru Vietnam disebut Tết Nguyẽn Đản, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek.

Tapi kembali lagi seperti yang tadi saya bilang, itu semua terserah temen. Saya hanya mencoba berbagi apa yangtelah say abaca dan telah saya perhatikan. Kurangnya saya mohon maaf, kalo mau menambahkan silakan aja :D

IBX5A4393D5E2AD7