Oleh | Dibuat | Dibaca 12.909 kali | 0 komentar

Kali ini saya akan mencoba berbagi tips dan trik yang telah saya buktikan sendiri, yakni cara mengompres ukuran file gambar khusus JPG, PNG dan GIF. Tool ini sangat bermanfaat bagi temen-temen yang sedang mendesain sebuah website atau bisa juga ketika kita membutuhkan file dengan ukuran file yang lebih kecil tapi tanpa merubah ukuran dimensinya. Tool ini menurut saya merupakan tool yang cukup bermanfaat dan sangat membantu. Kenapa? Tentunya bila kita mempunyai web atau blog akan memakan bandwidth. Iya kan? Nah trik menghemat bandwidth itu adalah salah satunya dengan mengompres ukuran file gambar.  Baiklah akan saya langsung bahas tool-tool tersebut.

JPG

JPG adalah adalah sebutan lain dari JPEG (Joint Photographic Experts Group). Tipe file JPG ini menjadi pilihan banyak orang, dan desainer, terutama diaplikasikan pada foto-foto dan memang tepat digunakan untuk gambar-gambar yang melibatkan representasi gambar berkualitas fotografi. Kelebihan JPG adalah mendukung 16 juta warna. Jadi walaupun terjadi penurunan kualitas gambar, format ini sangat cocok untuk menggunakan pada penampilan gambar fotografi. File JPG kadang berkuran cukup besar, terutama file JPG yang dihasilkan dari proses sebuah foftware editor foto seperti Adobe Photoshop.

Tool yang saya gunakan disini adalah Image Compessor. Image Compressor adalah sistem informasi manufaktur dengan produk unggulan  Image Compressor 2008 yang mulai rintis pada 1999.

Oke langsung saja kita praktekkan cara penggunaannya. Untuk mengompres file JPG, yang kita perlukan tentunya browser favorit kita boleh firefox, chrome, safari, opera ataupun IE. Dalam praktek ini saya menggunakan firefox. Alamat yang kita buka adalah

http://www.image-compressor.com/index.cfm?fuseaction=purchase.freeonline

Dalam satu kali kompres kita diber jatah maksmum 3 file sekaligus. Ingat file yang bisa dikomprs hanya file JPG dengan eksteni .jpg atu .jpeg dan dianjurkan mengompres file dengan ukran diatas 1MB (NB: file dengan ukuan dbawah 40KB tidak akan diproses).

JPG Compress File

Jika kita sudah memilih filenya di Browse, klik saja tombol hitam bertuliskan "Compress My Images Now", dan hasil kompresinya akan langsung ditampilkan dalam bentuk detail dibawah "Compression Result";.

Hasil kompres file JPG

PNG

PNG (Portable Network Graphics) adalah format gambar yang menggunakan kompresi data yang tidak banyak kehilangan kualitas. PNG diciptakan untuk memperbaiki dan mengganti GIF (Graphics Interchange Format) sebagai format gambar-file tidak memerlukan paten lisensi. Tidak sperti JPG file PNG mendukung transparansi. Pallet warna yang didukung PNG adalah RGB 24-bit atau RGBA 32-bit dan tidak support dengan palet warna CMYK. Untuk info lengkap mengenai file PNG ini, silakan temen-temen bisa baca di Wikipedia.

Nah, tool kompresi PNG ini bernama Tiny PNG. Tool untuk kompresi file PNG ini kalo saya perhatikan hasil kompresinya lumayan gede, sehingga file PNG kita jadi berukuran lebih kecil. Hasil kompresinya bisa mencapai 70 sampai 80 persen, dan alamatnya adalah

www.tinypng.org

Cara penggunaannya lebih mudah daripada JPG compress, bisa langsung drag (dari Desktop Windows ataupun Windows Explorer) ke area yang telah disediakan, atau bisa juga langsung klik pada ikon upload (ikon harddisk dengan tanpa panah kebawah) kemudian pilih file-file yang akan dikompresnya.

Compress File PNG

Dalam contoh ini saya mengupload pas foto dengan ukuran file 510KB. Lihatlah hasilnya...... menakjubkan, ukran file pas foto saya jadi hanya 181,3 KB (berkurang 65 pesen)

Hasil Compress File PNG

GIF

Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan bahkan juga dalam bentuk animasi sederhana. Inilah yang membedakan file GIF dan file amba lainnya, mampu mebuat efek animasi. GIF sendiri merupakan format gambar asli yang dikompres dengan CompuServe dengan dukungan 256 warna. Sepertinya untuk GIF ini saya tidak akan bahas terlalu banyak, silakan temen-temen bisa baca di Wikipedia.

Nama tool utuk mengompess file GIF ini adalah GIF Reducer. GIF Reducer ini masih versi beta dan dapat temen-temen akses di alamat:

www.gifreducer.com

Karena tool ini masih versi beta, bila file GIF yang kita upload adalah file GIF beranimasi sementara ini masih belum bisa dikompresi.

Compress File GIF

Bila kita mengupload sebuah file dan konversinya berhasil akan menampilkan halaman seperti di bawah ini, untuk melihat pratinjau berdasarkan jumlah gradiasi warna silakan klik link "See the converted images"

Hasil Compress File GIF

Sudah untuk sementara ini hanya itu yang saya sampaikan, insya Allah kalau saya menemukan tool lain akan saya update posting ini. Harapan saya semoga posting ini bisa bermanfaat juga buat temen-temen semuanya. Sejauh ini alhamdulillah saya telah menggunakannya untuk mengompres file yang sakan saya upload ke AJCDN :D

IBX5A4393D5E2AD7