Oleh | Dibuat | Dibaca 62.093 kali | 6 komentar

Duh lama banget ya gak bikin posting lagi di blog ini. Aduh, alasannya klasik sih, sibuk, hahah (entah sibuk apa :D). Okelah berhubung lagi ada waktu disela jam istirahat ya udah bertahap aja menuangkan ide yang terbentang di pikiran. Idenya sudah lama muncul sih topiknya juga seputar facebook tapi hemmm, ambil waktu buat startnya itu loh yang kesulitan, tapi ya akhirnya disempetin aja deh ;).

Bahasan kita kali ini adalah cara mention di facebook baik akses di komputer maupun ponsel. Tak perlu berlama saya akan coba bahas aja secara langsung karena mungkin banyak juga yang udah tau cara ini. Saya juga berpikir ah ini share sesuatu yang udah kuno, orang-orang udah pada tau. Tapi gak apa-apa lah, seinget saya dulu cara mention sempet diblokir oleh facebook entah alasan apa saya males cari tau :D.

Cara Mention Facebook (di Komputer)

Untuk mention di Facebook dengan akses lewat komputer caranya adalah langsung saja ketikkan @ diikuti nama (sebagian ataupun seluruhnya). Mention ini bisa digunakan untuk memanggil nama teman, group atau halaman. Mention ini bisa dipanggil di kotak input status ataupun komentar dan caranya tetap sama. Yuk kita lihat beberapa contoh cara mention di facebook.

Cara Mention Facebook di Hape

Untuk mention melalui media ponsel yang kita perlukan adalah User ID pengguna --untuk jenis user, halaman ataupun group, yang penting ID User--. Nah untuk mengatahui ID User Facebook, ada beberapa cara, untuk mempermudahnya saya sudah lama menyediakan sebuah tools untuk melihat ID facebook Anda yang dapat diakses di http://facebook.arijulianto.com/iduser.php. Oya tools yang saya buat itu hanya untuk melihat ID User untuk jenis profil atau kronologi (bukan group atau halaman).

Oke untuk mengambil ID user seseorang kita harus mengambil URL profilnya. URL profil user dapat dilihat di halaman kronologi. Perhatikan gambar berikut merupakan cara mengambil (meng-copy) URL profil user!

Tahapannya:
1. Buka halaman user (biasanya setelah mengklik nama)
2. Pilih menu lalu select dan pilih copy (tergantung jenis browser, disini saya menggunakan browser di Android)
3. Setelah di copy, masuk ke alamat http://facebook.arijulianto.com/iduser.php nanti paste aja disana profil url nya.
4. setelah itu copy ID user dan paste di kotak status atau kotak komentar

Cara penggunaannya:

@[iduser:0]
Keterangan
iduser: User ID yang didapat dari http://facebook.arijulianto.com/iduser.php
0: ketentuan dari facebooknya (0: default = tampil nama full)
Lihat contoh di bawah

Sedikit Tips dan Trik

Kalo di komputer, kita bisa langsung memanggil nama, lalu menghapus sebagian nama, misalnya nama akun facebook saya adalah Ari Julianto de Amuzong. Tapi saya ingin mention secara singkat saja dengan Ari. Bagaimana caranya? Kalo saya boleh kasih info, ini sangatlah MUDAH. Silahkan lihat aturannya di bawah ini!

@[iduser:textnama]
Keterangan:
iduser: User ID yang didapat dari http://facebook.arijulianto.com/iduser.php
textnama: bagian dari nama (kata) dan harus ditulis mirip (huruf besar kecilnya)
Lihat contoh di bawah

Gimana mudah kan bikin mention???? Ada yang mau saya informasikan nih
1. Mention dengan menggunakan ID User dapat digunakan di ponsel maupun komputer
2. Mention dengan menggunakan ID User dapat juga me-mention BUKAN teman

IBX5A4393D5E2AD7