Oleh | Dibuat | Dibaca 2.124 kali | 0 komentar

Posting kali ini hanya sekedar coretan berbagi info saja. Mungkin info ini temen-temen banyak yang sudah lebih tau dari saya, tapi ya saya pribadi baru ngeuh aja, yakni seputar Nomor Polisi Kendaraan.

Jadi, awal mula saya bikin posting ini adalah berdasarkan pengamatan di lapangan selama bulan Ramadhan 1434 H alias bulan puasa tahun ini. Ide untuk hal ini adalah pengalaman tahun lalu saya memperhatikan kode area kendaraan seperti D untuk Bandung, B untuk Jakarta, AB untuk Jogja dan lain sebagainya. Adapun motivasinya adalah saat perjalanan menggunakan kereta api menuju sebuah kota kecil di Jawa Timur, Jember. Saya memperhatikan kode area kendaraan pada mobil dan motor seperti AB (Jogja), AD (Solo), L (Surabaya), P (Jember & Banyuwangi), dll. Dan yang akan saya bahas di sini adalah range untuk angka nomor polisi yang bisanya memiliki format [kode area] [angka] [kode lokal].

Secara keseluruhan, jenis kendaraan yang dibagi menjadi kendaraan bermotor, sedan, mini bus, truk dan bus. Adapun detail range yang telah saya perhatikan diantaranya sebagai berikut.

No. Range Nomor Jenis Kendaraan
1. 1 - 1999 Kendaraan kecil sejenis sedan dan mini bus
2. 2000 - 6999 Kendaraan bermotor
3. 7000 - 7999 Bus
4. 8000 - 8999 Kendaraan angkutan seperti col bak, truk mini

Temen-temen bisa perhatikan sendiri untuk nomor-nomor kendaraan yang ada di jalanan. Saya sendiri memperhatikan selama sebulan untuk setiap kendaraan yang lalu lalang dengan jeli. Tapi area yang baru saya perhatikan adalah untuk area Bandung, jadi saya belum bisa menyimpulkan untuk kota-kota lain :D

Oke, segitu dulu berbagi informasi dari saya, kalo temen-temen mau ngasih tambahan silahkan bisa dikirim via komentar. Bila mendapatkan tambahan lain akan saya update lagi posting ini. Akhirnya saya sampaikan terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat malam, selamat beristrirahat :).

IBX5A4393D5E2AD7