Oleh | Dibuat | Dibaca 13.444 kali | 0 komentar

Anda pengguna Windows Phone? Jika ya, mungkin beberapa diantaranya ada yang udah mencicipi OS baru dari Microsoft, yakni Windows 10. Saya adalah salah satunya yang udah mencicipi gimana rasanya Windows 10 (Mobile) :D.

Kesan pertama yang saya dapatkan adalah wow, kelihatan beda banget di bagian atas (baris signal, notification, battery life). Namun kalo melirik ke arah lainnya sama saja. Perbedaan akan terasa setelah masuk, menjelajahi menu yang ada, salah satunya menu Setting yang dibuat dalam bentuk group.

Oke langsung saja GPL... Saya gak akan mengulas lebih dalam tentang gimana Windows 10, toh udah banyak juga yg posting blog, tinggal Googling saja ;). Yang akan saya coba share kali ini adalah teknik rollback dari Windows 10 ke OS default (Windows Phone 8.1 untuk Lumia 520 saya).

Oke, akan saya coba ceritakan sedikit apa yg saya alami ketika mau balik lagi ke Windows Phone 8.1.

1. Reset Phone Agar Ponsel Kembali Segar

Bermula dari melakukan reset telpon (dari menu Setting > About) dimana saat itu ponsel saya sudah cukup menurun kinerjanya diakibatkan banyaknya aplikasi yang didownload kemudian diuninstall lagi, terutama games. Yaps keputusan ini adalah satu-satunya agar ponsel bisa fresh lagi.

2. Penasaran Windows 10

Nah, mulai nih penasaran buat icip-icip Windows 10 versi mobile. Browsing-browsing ternyata Windows 10 support RAM 512 MB dan HP saya adalah Lumia 520 dengan RAM 512 MB. Setelah cari info 'aturan intsall Windows 10' ternyata Lumia 520 sudah support, akhirnya cek update via Windows Insider App dari Windows Store, setelah beberapa hari mengambiil dan nunggu update muncul akhirnya keluar juga notifikasi update nahwa Windows 10 sudah tersedia.

3. Soft Reset dan Hard Reset

Penasaaran sudah terobati, udah berfikir deh buat balik lagi ke Windows 8.1 yang saya rasa lebih smooth dan lancar, mungkin Windows 10 di HP saya terasa ada delay dan yg lebih penting adalah tidak ada aplikasi Ms. Office yang konon di Windows 10 Officenya menggunakan Office versi baru (Office 2016), tapi saya TIDAK MENDAPATI itu sehingga saya memutuskan untuk balik lagi ke OS awal.

Saya sempat bingung, antara hard reset dan soft reset, sebelumnya saya tidak mengetahui secara pasti perbedaan keduanya namun setelah saya cari info ternyata hanya sedikit perbedaannya. Saya sempat berpikir bahwa dengan hard reset maka HP akan benar-benar akan kembali ke settingan pabrik tp setelah saya coba saya salah. Ternyata hard reset tidak mengubah firmware atau OS HP nya. Huh, setelah dilakukan reset akhirnya saya males mendownload lagi aplikasi-aplikasinya dan memutuskan untuk melakukan re-install firmware (install ulang Windows)

Benarkan Windows 10 Bisa Downgrade?

Banyak informasi yg menyebar bahwasanya Windows 10 bisa di-downgrade. Bagi saya itu SALAH. Memang bisa dirollback ke Windows Phone 8.1 tapi itu sebenarnya melakukan re-install firmware ke OS versi terakhir sesuai model Lumia yg di server, sebagai contoh untuk Lumia 520 saya ini adalah Windows Phone 8.1, tapi untuk Lumia model lama mungkin masih Windows Phone 7 atau 7.8. Dan yg baru saya tau adalah prosesnya melakukan download dulu dengan size yang cukup besar, sebelumnya saya pikir aplikasi buatan Microsoft (Windows Phone Recovery Tool) sudah siap dengan backup firmwarenya, hahaa ternyata tidak.

Re-Install Firmware dengan Windows Phone Recovery Tool

Inilah jalan yang harus dilakukan bila kita terlanjur mengupdate Windows Phone 8.1 ke Windows 10 Technical Preview. Baik akan saya coba share apa yg sudah saya lakukan, karena sayapun telah mempraktekkanya awal Mei ini, hihii.

Siapkan alat Tempur

  • Laptop/PC
  • Lumia Windows 10 yg mau di-'downgrade' ke WP 8.1
  • Kabel data micro USB
  • Modem dengan kuota yg memadai (tidak kurang dari 1.5 GB)

Selanjutnya racik tahapannya

  • Download dulu software bernama Windows Phone Recovery Tool, versi terakhir pas saya download adalah 1.2.4. Kalo belu punya boleh langsung ke TKP situs resminya nih microsoft
  • Install WP Recovery Phone sampe beres lalu jalankan
  • Hubungkan HP Lumia ke Laptop/PC dengan kabel data, tunggu sampai terdeteksi
  • Setelah model Lumia terdeteksi, klik saja. Dalam contoh ini HP saya adalah Nokia Lumia 520
  • Tunggu sebentar, program sedang membaca informasi HP dan akan mengecek ke server versi firmware terakhirnya untuk ditampilkan
  • Untuk meinstallnya lakukan klik tombol Install dan tunggu proses Download Package sampe beres. Ukurannya beraneka ragam tergantung model Lumia sahabat AJN. Beberapa yang saya tau sih Lumia 520 (1.59 GB, seperti gmbar di bawah), Lumia 535 (1.7 GB), Lumia 635 (1.61 GB), dll.
  • Bila download package sudah berhasil maka akan otomatis diinstallkan ke Lumia yang terhubung via kabel data, maka dari itu pastikan sebelum download selesai Lumia yg mau kita 'rollback' sudah disambungkan lagi ke PC/Laptop!
  • Oya, pada saat instalasi Lumia kita akan melakukan restart, dan jangan hawatir dengan apa yg muncul di layar, kalo di Lumia 520 sya ini yang tampil saat proses install
IBX5A4393D5E2AD7