Oleh | Dibuat | Dibaca 471 kali | 0 komentar

Danau Toba adalah danau vulkanik dari letusan maha dahsyat gunung berapi pada 69.000-77.000 tahun lalu, yang meninggalkan sebuah kaldera besar dari hasil letusan itu.

Letusan itu mengakibatkan erupsi super, yang abunya menyebar hingga Kutub Utara. Ini dibuktikan dengan adanya molekul debu vulkanik serupa pada 2.100 titik. Letusan gunung purba itu mengakibatkan iklim dunia ikut berubah. Hingga ribuan tahun, kini kita ditinggalkan kenangan yang sangat berharga. Indah, dan mempesona.

Toba punya luas panjang sekitar 100 kilometer, dan lebar 30 kilometer. Titik terdalam danau ini mencapai 505 meter, atau lebih dari setengah kilometer. Dari letusan dahsyat itu, sebuah pulau vulkanik akhirnya terbentuk yakni pulau Samosir, yang berada ditengah danau raksasa ini. Pulau ini adalah cikal bakal suku bangsa Batak Toba.

Dengan keindahan dan sejarah panjang Toba yang lain dari yang lain, tempat ini telah lama menjelma sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di negeri ini. Jika anda tak percaya, anda bisa booking tiket Garuda Indonesia ke Medan dan menyaksikan langsung keindahannya.

Karena destinasi ini menjadi salah satu yang wajib masuk dalam agenda traveling Anda, dengan jangkauan yang sangat mudah apalagi dari ibukota Jakarta. Semua maskapai sudah membuka aksesnya ke Bandara Kualanamu, Medan, juga bandara Silangit di Tapanuli Utara. Anda bisa booking tiket Garuda Indonesia, untuk menyambangi Danau Toba, dan melakukan pembelian tiket pesawat tersebut di reservasi.com.

Jika Anda memutuskan bergerak dari Medan, atau tepatnya dari Bandara Kualanamu, di kabupaten Deli Serdang, 26 kilometer dari pusat kota Medan, Anda akan melewati banyak lokasi menawan, hingga sampai di Danau Toba. Setelah menginjak Danau Toba, cobalah menyeberang ke Samosir.

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa pulau ini terletak ditengah luasnya danau Toba, maka Anda perlu menyeberang danau dengan beberapa moda transportasi untuk sampai disana, salah satunya dengan kapal feri dari Parapat.

Pulau yang juga adalah salah satu kabupaten di Sumetera Utara ini saat ini sudah cukup modern, sekalipun terpisah dari daratan lain di Sumatera Utara. Objek wisata di Samosir yang ditawarkan, cukup banyak. Berupa wisata alama, hingga wisata budaya, khususnya budaya Batak Toba yang sangat kental itu. Semuanya akan sangat mudah Anda temukan di hampir semua destinasi yang sangat menarik di Samosir. Anda bisa mengunjungi Kursi Batu Raja di Siallagan, desa Ambarita, Kecamatan Simaninjo, Samosir.

Anda hanya butuh 20 menit dari Tuktuk untuk tiba di sini. Sebelum membayar Rp 2 ribu per orang, untuk bisa masuk kesana, tembok batu yang mengelilingi Huta (kampung) Siallangan sudah menyambutmu. Anda sudah mulai terkejut dengan kampung seluas 2.400 meter persegi ini dikelilingi tembok batu setinggi 1,5 meter yang tersusun rapi.

Ya, tak sembarang orang membangun kampung ini. Adalah seorang Raja. Raja huta pertama, Raja Laga Siallagan, mulai membangunnya dan dilanjutkan ke generasi berikutnya, Raja Hendrik Siallagan, sampai pada keturunannya yang lain, Raja Ompu Batu Ginjang Siallagan.

Huta ini sejak dulu dihuni marga Siallagan. Turunan Raja Naiambaton dari garis keturunan Raja Isumbaon, yang adalah anak kedua Raja Batak. Semua anak cucu turunan raja ini sampai sekarang masih mendiami daerah ini, di seputaran Ambarita.

Saat masuk ke Huta Sialangan, Anda akan mendapati 8 unit rumah Batak, dengan fungsinya masing-masing, berbeda. Rumah itu sudah berusia ratusan tahun. Ada rumah utama raja, dan rumah keluarganya.

Tak jauh dari rumah itu, ada sebuah pohon besar yang sudah ada sejak huta ini ada. Di kaki pohon itu terdapat tempat pancungan. Ada kursi-kursi dari batu yang mengelilingi sebuah meja batu. Disinilah tempat persidangan.

Semua pelaku kejatan dan yang melangar hukum adat dan perintah raja, akan dihukum di sini. Disitu juga disediakan lokasi eksekusi, jika orang yang diadili dihadapan raja, benar terbukti bersalah. Mereka akan diadili dengan hukuman pancung dan penggal kepala.

Ini adalah salah satu tempat yang tepat bagi Anda untuk berwisata yang tak sekedar hura-hura atau bersenang-senang. Wisata sejarah perkembangan peradaban manusia, akan tepat bagi Anda yang ingin anak-anak Anda memiliki wawasan yang luas. Maka, jika berkunjung kesini, sayang jika tak mengajak putera-puteri Anda.

Anda dapat melakukan pembelian tiket pesawat di reservasi.com menuju Kualanamu, atau Bandara Silangit jika tertarik untuk berkunjung ke lokasi tersebut. Booking tiket Garuda Indonesia jauh-jauh hari, karena rute penerbangan di 2 bandara ini cukup padat, yang akan mengakibatkan ongkos perjalanan Anda menjadi lebih membengkak.

Sudah sampai di Samosir, tak afdol rasanya jika hanya mengunjungi 1 destinasi saja. Karena, Samosir punya segudang pilian bagi para travellers atau backpaker yang ingin mengujungi banyak destinasi dengan biaya murah. Anda bisa mengunungi Tomb of the Sidabutar Kings, Desa Tomok, Pantai Parbaba, Air Terjun Efrata, Air Terjun Bukit Gibeon, Air Terjun Simangande, Danau Sidihoni, atau Bukit Holbung, silahkan dipilih. Semua tempat ini ada di Pulau Samosir.

IBX5A4393D5E2AD7